W.E.L.C.O.M.E. to ..

W.E.L.C.O.M.E. to ..
mY bloG

Rabu, 06 April 2011

PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM PENULISAN ILMIAH

Sejarah telah mencatat bahwa Bahasa Indonesai sebagai bahasa pemersatu seluruh komponen bangsa Indonesia – ingat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928-. Dan merupakan ciri dan identitas kita sebagai suatu bangsa di muka bumi ini. Sehingga pemakaian Bahasa Indonesia secara baku harus meliputi segala bidang termasuk dalam penulisan ilmiah.Penulisan ilmiah yang harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baku antara lain :
-    Disertasi
-    Tesis
-    Skripsi
-    Laporan Praktikum
-    Makalah
-    Kertas kerja
Dalam hal penulisan ilmiah seperti tersebut di atas, kita perlu memperhatikan beberapa hal penting yang akan kita tuangkan dalam tulisan ilmiah tersebut, yaitu :
-    Singkat, jelas, dan bermakna.
-    Berkesatuan.
-    Komunikatif dan berkaidah bahasa yang benar.
Dan untuk memenuhi ketentuan semua itu kita harus beroedoman pada Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Bahasa Indonesia dan pemakaian kata harus sesuai dengan Kamis Bahasa Indonesia (KBI) yang berlaku.
Dari sisi ejaan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, yaitu :
-    Struktur kalimat.
-    Penulisan kata (kata dasar, kata turunan, kata ulang, kata majemuk, kata ganti, kata depan, partikel, singkatan, kata serapan, angka, dan lambang bilangan).
-    Diksi.
-    Pemakaian huruf (capital, miring, diftong, dan gabungan konsonan).
-    Pengistilahan.
-    Tanda baca.
-    Pemenggalan kata.
Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa pemakaian Bahasa Indonesia yang baku dan benar adalah syarat mutlak dalam   penulisan ilmiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar